Selasa, 14 Maret 2017

Komputasi Modern

Latar Belakang Komputasi Modern

Komputasi merupakan cara untuk menyelesaikan inputan perhitungan dengan menggunakan suatu algoritma atau bisa disebut dengan teori komputasi, sebuah sub-bidang dari matematika dan ilmu computer. Selama ribuan tahun, komputasi hanya menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu. Tapi seiring dengan perkembangan zaman, komputasi sekarang sudah menggunakan computer agar proses perhitungannya lebih cepat. Komputasi biasanya diaplikasikan di bidang keilmuan, seperti fisika dan kimia yang dapat menghasilkan prinsip-prinsip baru dalam bidang keilmuannya.

Komputasi Modern merupakan konsep sistem yang menerima berbagai instruksi serta menyimpannya di dalam sebuah memory. Pada saat menggunakan computer untuk melakukan komputasi, bisa dibilang computer tersebut sudah merupakan komputasi modern. Terdapat berbagai  metode untuk melakukan komputasi di berbagai ilmu.

Cara kerja komputasi modern dalam menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada meliputi :
  •        Akurasi (big, Floating Point)
Akurasi sangat dibutuhkan dalam memecahkan masalah. Komputasi modern dibuat salah satunya untuk mendapatkan jawaban yang akurat. Tipe data Floating Point memiliki kemampuan untuk menyimpan data numeric dalam bentuk pecahan dengan range penyimpanan yang besar.
  • .          Kecepatan (satuan Hz)

Komputasi Modern dibuat untuk perhitungan yang cepat juga, agar tidak memakan banyak waktu dalam mengolah data.
  •       Problem Volume Besar (Down Sizzing)

Mempararelkan data besar agar tersusun dengan baik, agar pada saat pemrosesan tidak terjadi data yang terlewat, merupakan salah satu cara kerja komputasi modern dalam mengolah data yang besar.
  • Modeling (NN & GA)

Berguna untuk melakukan suatu perhitungan yang banyak dan rumit dengan modeling yang disiapkan untuk melakukan komputasi agar mendapatkan hasil yang akurat.
  • Kompleksitas (Teori Big O)

Komputasi modern dibuat untuk menangani masalah yang kompleks dan diterapkan pada computer. Teori Big O digunakan untuk memecahkan masalah yang kompleks pada proses komputasi modern.
Penggagas dari Komputasi Modern yang berasal dari Hungaria adalah John Von Neumann pada tahun 1926, seorang ilmuwan besar 21 yang meletakkan dasar-dasar computer modern yang rancangan arsitektur komputernya masih dipakai hingga saat ini. 

Dapat disimpulkan bahwa Komputasi Modern merupakan suatu aktifitas untuk menemukan pemecah permasalahan dengan suatu algoritma dengan mengguanakan hardware dan software terbaru (update).


Implementasi Komputasi Modern

  • ·         Bidang Geografi

Komputasi modern pada bidang ini sangat berguna untuk peramalan cuaca, di Indonesia sendiri digunakan oleh BMKG untuk mengamati meteorology klimatologi di wilayah NKRI.
  • ·         Bidang Matematika

Pada bidang Matematika, komputasi modern sangatlah berguna karena digunakan untuk menghitung dan menyelesaikan masalah-masalah real yang berskala besar seperti teknik komputasi metode numeric, scientific computing, metode elem hingga, metode beda hingga, scientific data mining, scientific process control dan metode terkait lainnya.



Sumber :
https://andrifirmanc.wordpress.com/2016/03/08/implementasi-komputasi-modern/
http://www.hanapert.com/2013/04/komputasi-modern.html
http://adhitjatur.blogspot.co.id/2015/05/definisi-dan-contoh-komputasi-modern.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar